Cara Mudah Mendeteksi Demam Pada Anak

Para ahli menyarankan untuk tak menganggap sepele demam yang dialami anak-anak. Pasalnya, hal itu dapat menandakan adanya masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, pastikan Kamu lakukan penanganan yang cocok. Seperti pemberian obat yang sesuai. Pasalnya, salah memberikan obat dapat memicu gangguan lambung dan pendarahan.

Cara Mudah Mendeteksi Demam Pada Anak

Berikut tips penanganan demam yang tepat sesuai dengan umur anak :

1. Ukur suhu
Pastikan Kamu mengukur suhu si kecil dengan termometer. Cara ini, membantu Kamu untuk mendapatkan angka yang sesuai untuk membawa langkah penanganan seterusnya.
Seperti diketahui, suhu normal tubuh anak yakni 36,5-37,5 derajat celsius. Kalau melebihi 38 derajat celsius, maka anak dinyatakan demam.

2. Suhu 38-38,8 derajat celsius
Apabila suhu tubuh tetap di bawah 38,8 derajat celsius, pemberian obat demam atau penurun panas tak dianjurkan. Tapi, Kamu dapat memberikannya ketika anak nampak tak nyaman. Pastikan pula anak selalu mendapatkan banyak cairan dan istirahat.

3. Suhu di atas 38,8 derajat celsius
Suhu diatas 38,8 derajat celcius tapi tetap di bawah 40 derajat celsius sebaiknya diberikan obat penurun panas. tapi pastikan dosis yang diberikan tepat. Tidak Cuma memberikan obat, memandikan atau membasuh anak dengan air hangat juga dapat menurunkan suhu.

Jangan pakai air dingin, es, atau alkohol untuk meredakan panas. Untuk anak usia di bawah 18 tahun, tak dianjurkan memberikan aspirin. Ini dikarenakan adanya risiko sindrom Reye atau penyakit otak yang berbahaya.

4. Tak pergi ke sekolah
Jikalau suhu masihlah tinggi, pastikan anak Kamu tak berangkat ke sekolah. Segara hubungi dokter anak apabila demam terjadi selama lebih dari satu hari dan makin tinggi. Kebanyakan, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam apabila suhu tinggi dalam jangka waktu lebih dari dua hari.

Kamu pun harus menghubungi dokter bila anak berusia kurang dari 3 bulan dgn suhu rektal 38 derajat celsius atau lebih, anak berusia 3 hingga 6 bulan dengan suhu 38,3 derajat celsius atau lebih dan mengalami demam lebih dari satu hari. Anak berumur 6 bulan dan kurang dari 1 tahun dengan suhu 39 derajat celsius atau lebih tinggi atau mengalami demam lebih dari satu hari.

Selain itu, anak berumur 1 hingga 2 tahun dengan demam tinggi yang terjadi lebih dari 24 jam. Anak Muntah berulang kali atau mengalami diare berat. Anak mempunyai tanda-tanda dehidrasi, seperti tak pipis, menangis tanpa air mata, mulut kering, atau sangat lemah.

Segera hubungi dokter juga disaat buah hati Kamu mengalami demam yang memicu kejang, mengalami ruam pada kulit, anak dengan risiko infeksi serius, termasuk juga anak dengan penyakit darah atau gangguan kekebalan tubuh atau anak yang belum menerima imunisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *