Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada Pria dan Wanita

Penuaan dini yang sering kita sebut dengan aging kulit, di bagi menjadi dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Penuaan intrinsik terdiri perubahan yang berkaitan dengan usia yang tidak di bawah kendali Anda, seperti faktor genetik. Faktor ekstrinsik adalah faktor yang benar-benar dapat kita kontrol atau dapat kita cegah. Berikut ini faktor penyebab penuaan kulit pada pria dan wanita.

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada Pria dan Wanita

Faktor penuaan intrinsik

  • Keturunan atau faktor genetik

Yang mana proses penuaan berlangsung. Seiringnya waktu berjalan kalau tidak di perhatikan tentang kesehatan kulit maka proses penuaan akan terasa cepat. Jika salah satu atau kedua orang tua anda memiliki kuli muda baik di usia sudah tua, kemungkinan anda bisa mewarisi karakteristik yang sama.

  • Foktor Hormon

Perubahan yang paling signipikan adalah penampilan wanita pada saat wanita menopause, ketika penurunan estrogen menyebabkan banyak kehilangan koagen, yang mana protein penting menurun yang membuat struktur kulit menjadi menurun. Akibatnya, keriput muncul dan kulit melonggar.

Faktor Penuaan ekstrinsik

Untungnya faktor yang memiliki dampak terbesar pada penuaan kulit anda ekstrinsik, yaitu anda dapat mengontrol kulit anda dengan anti aging kulit supaya untuk meningkatkan tampilan kulit anda dan tetap muda lebih lama.

Menurut estimasi peneliti, kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Alasan utama mengapa sinar matahari begitu berbahaya bagi kulit adalah bahwa hal itu akan memicu produksi radikal bebas di kulit. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang dikenakan elektron yang tidak berpasangan dan sangat reaktif, mampu terlibat dalam reaksi berantai cepat yang mengguncang molekul lain dan menghasilkan lebih banyak radikal bebas.

Kelebihan radikal bebas dapat meningkatan risiko penyakit kronis, termasuk kanker dan stroke. Ketika diproduksi di kulit, radikal bebas menyerang kolagen. Akibatnya, kulit kehilangan ketahanan dan mengembangkan keriput.

  • Merokok.

Merokok dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit sebanyak 30 persen. Pembuluh darah halus di dermis dari konstriksi kulit, yang memotong pasokan nutrisi yang diperlukan untuk konstan diri regenerasi kulit dan penghapusan produk limbah. Akibatnya kulit mulai terlihat abu-abu dan kusam.
Merokok juga akan memicu produksi radikal bebas dalam tubuh. Selain mengganggu keseimbangan jaringan tubuh dan organ, radikal bebas menyerang kolagen kulit sehingga kehilangan elastisitasnya dan ketahanan.

  • Polusi udara.

Polusi udara dapat membatasi aliran oksigen dan nutrisi ke kulit yang akan memicu produksi radikal bebas yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *