Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

wovelines -, Daun kelor adalah salah satu bahan pengobatan tradisional berbagai penyakit, yang telah di gunakan selama berabad-abad hingga sekarang. Daun kelor atau dalam bahasa asing di sebut merunggai (moringa oleifera) ini merupakan tumbuhan asli dari suku moringaceae. Manfaat daun kelor bagi kesehatan maupun kecantikan sangatlah banyak. Pasalnya, tumbuhan ini di percaya dan terbukti memiliki kandungan istimewa di dalamnya, diantaranya:

  • Kalsium
  • Potassium
  • Sulfur
  • Zat besi
  • Vitamin A, B, C
  • Protein
  • Antioxidant
  • Dan lainnya

Karena kesemua kandungan yang dimilikinya, daun kelorpun kini menjadi perbincangan akan khalayak luas karena khasiat kandungan luar biasa untuk kesehatan di dalamnya. Bahkan beberapa diantaranya telah lulus melalui hasil sebuah studi ilmiah oleh para ahli yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

  • Daun kelor 1Mencegah Kanker

Sesuai dengan hasil penelitian terbaru, daun kelor mengandung sejenis antioxidant tinggi, yang khasiatnya dapat mencegah bahkan membunuh sel  kanker di dalam tubuh. Untuk merasakan khasiatnya ini, anda dapat mengonsumsi daun kelor secara rutin dengan takaran pas.

  • Menurunkan kolesterol tinggi

Menurut para ahli, ekstrak maupun daun kelor sendiri, juga memiliki nutrisi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, tumbuhan marunggi inipun juga dapat melancarkan peredaran di dalam darah.

  • Bersifat anti diabetes

menurut sebuah penilitian yang di lakukan di University of Wiconsin Lacross mengungkap, bahwa kandungan minmeral yang terkandung di dalam daun kelor mampu menghasilkan insulin, yang memungkinkan tubuh terhindar dari resiko diabetes maupun gangguan kesehatan lainnya. Bahkan sebuah jurnal yang di terbitkan sekitar 5 tahun lalupun menyebutkan bahwa mengonsumsi daun serta ekstrak dari kelor secara teratur, dapat menurunkan resiko serta mengatasinya.

  • Mencegah keruksakan jantung

Di ambil dari journal medical food 2009,  yang mana membahas akan penelitian yang di lakukan mengenai daun kelor, terungkap bahwasannya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat mencegah keruksakan jantung, dan berbagai jenis jenis gangguan kesehatan pada jantung. Tak hanya itu, beberapa orang berhasil membuktikan, bahwa setelah mereka secara rutin mengonsumsi daun kelor juga dapat mengatasi asma serta membuat tidur di malam hari semakin nyenyak.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serta gizi yang terdapat di dalam daun kelorpun ternyata dapat menjaga kesehatan organ pencernaan anda  semakin sehat. Kandungan zat anioxidat yang terkandung di dalanmya dapatn merawat organ pencernaan anda semakin sehat. Manfaat daun kelor ini dapat di dapatkan dengan cara mengonsumsinya setiap secara teratur dengan takaran yang pas, baik di masak sebagai sayur atau olahan lainnya.

  • Mengatasi pegal linu, asam urat, rematik dan nyeri sendi

Hal tersebut di karenakan karena daun kelor mengandung sejumlah nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan kandunga lainnya. Pengolahannya dapat di lakukan dengan cara mengambil 3 tangkai daun kelor,  dan setengah sendok kapur sirih. Haluskan kedua bahan tersebut, dan oleskan pada bagian yang sakit atau nyeri. Lakukan cara ini 2 kali sehari secara rutin.

  • Mengobati alergi akibat gigitan serangga

Manfaat daun kelor lainnya adalah dapat mengobati alergi akibat gigtan serangga. Cara pengolahannya dengan menghaluskan daun kelor secukupnya, dan di tambah dengan sedikit minyak kelapa. oleskan pada kulit yang agatl atau terkena alergi, diamkan beberapa saat hingga gatal yang anda rasakan hilang. Dan bersihkan dengan kain lap hangat.

Selain beberapa khasiat dan manfaat yang telah di tuturkan di atas, masih banyak manfaat lain yang terkandung dalam daun kelor. Diantaranya seperti memperlancar ASI ibu menyusui,  makanan sehat bagi ibu hamil yang ingin memiliki bauah hati yang cerdas, melebatkan dan menyehatkan rambut, menghilangkan jerawat dan berbagai jenis nutirisi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Incoming search terms:

  • daun marunggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *