Langkah Pertolongan Pertama Saat Mengalami Batuk

Tubuh manusia memiliki sebuah sistem pertahanan yang unik untuk melawan segala gangguan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Salah satu bentuk pertahanan yang sering terjadi adalah batuk.

Batuk merupakan proses alami seorang manusia dalam melindungi saluran pernapasannya dari benda dan zat tertentu. Beberapa penyebab yang mengakibatkan batuk di antaranya adalah iritasi, infeksi, asma dan alergi.

Ketika kita mengalami batuk tentunya kita membutuhkan langkah pertolongan  pertama yang  kita lakukan. sebuah langkah pertolongan  pertama yang kita lakukakan akan mempengaruhi kondisi batuk.

pertolonganbatukSebuah penyakit baik itu batuk ataupun yang lainya  bila diberikan pertolongan  pertaman yang tepat, tentunya akan mempengaruhi kondisi batuk untuk kedepannya dengan pertolongan pertama juga kita dapat membantu rasa sakit menjadi ringan, dan tidak bertambah parah.

Namun bila sebuah gejala dari sakit khususnya batuk  hanya dibiarkan begitu saja tentunya itu akan mengakibatkan suatu kondisi yang mungkin lebih parah .

Untuk batuk pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya biasanya dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu, namun bila batuk yang dialami tak kunjung sembuh dalam waktu 3 minggu, anda patut waspada karena batuk yang bertahan dalam waktu yang cukup lama, merupakan suatu gejala dari penyakit lainnya yang mungkin lebih serius, seperti salah satu contohnya penyakit bronkitis, TBC, bahkan kanker paru-paru.

Memiliki kondisi sedang batuk tentunya akan sangat mempengaruhi kenyamanan khususnya bagi kita sendiri dan juga orang lain, batuk juga akan lebih semakin menjadi ketika malam, dan pada akhirnya resiko kurang tidur akan menghampiri anda. Maka dari itu langkah pertoongan pertama pada saat batuk sangat diperlukan, dan berikut ini langkah pertolongan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk

  1. Minum teh hangat dengan maduBila anda terserang batuk Langkah Pertolongan Petama Saat Mengalami Batuk sebelum batuk menjadi parah anda bisa mencoba cara-cara sederhana yang dibagiakan oleh Mark Yoder, MD asisten profesor di Rush University Medical Center in Chicago.Yoder menyarankan cara tradisional untuk mengatasi batuk dengan Minum teh hangat dengan madu yang bisa meredakan batuk Anda. Menurut Yoder, ada beberapa bukti klinis yang menyatakan bahwa minum teh hangat dengan madu bisa meredakan batuk. Selain itu, Yoder juga menambahkan bahwa mandi di bawah guyuran shower dengan air hangat juga bisa menjadi cara untuk meredakan batuk (webmd.com, 3 Oktober 2013)
  2. Memperbanyak minum air putihAir putih dipercaya dapat meringkankan gejala batuk, karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang bertujuan untuk menjaga tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan batuk dan flu.
  3. Beristirahat Total
    Kondisi tubuh yang melemah akan menyebabkan kekebalan tubuh ikut melemah dan tentunya flu akan denagn mudah menyerang tubuh
  4. Konsumsi Buah dan SayuranSaat kondisi badan anda melemah, yang mana batuk dan flu akan dengan mudah untuk menyerang, maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memeprbaiki sistem kekebalan tugbuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  5. Beristirahat TotalKondisi tubuh yang melemah akan menyebabkan kekebalan tubuh ikut melemah dan tentunya flu akan dengan  mudah menyerang tubuh, yang mana batuk dan flu akan dengan mudah untuk menyerang, maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  6. Berkumur kumurBerkumur bisa menjadi sah satu solusi untuk anda menangani batuk dan flu yang menyerang. Mengapa demikian ? tujuaanya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab batuk tidak masuk ke tenggorokan . Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit, jahe, agar hasilnya lebih maksimal.

Nah itulah ke enam Langkah Pertolongan Pertama Saat Mengalami Batuk. Kondisi batuk yang berlangsung kurang dari 2 minggu sebenarnya bagus, karena dengan batuk bakteri serta virus didalam tubuh akan dikeluarkan secara alami oleh batuk. Namun bila batuk yang dialami bekelanjutan dan bertambah parah, anda disarankan untuk lebih waspada karena kemungkinan gejala penyakit serius sedang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *