Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Gagal ginjal menciptakan kebutuhan yang berbeda dalam tubuh seseorang dengan ginjal sehat, dan oleh karena itu penderita gagal ginjal memerlukan diet khusus. Meskipun mengikuti diet anda juga harus dapat membatasinya, dengan berfokus pada mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita gagal ginjal, anda dapat menikmati berbagai makanan yang sehat dan lezat. Orang dengan gagal ginjal harus berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan arah individual pada diet mereka. Banyak buku masak dan situs yang menawarkan resep menggunakan makanan yang ramah untuk ginjal. Mungkin anda juga dapat mencoba mengkonsumsi obat gagal ginjal tradisional yang aman dan tidak menyebabkan efek samping.

Rekomendasi diet untuk gagal ginjal terfokus pada lima nutrisi: natrium, kalium, fosfor, protein dan cairan. Label makanan dapat membantu mengidentifikasi beberapa makanan yang tepat. Untuk natrium, carilah makanan yang memiliki nilai harian kurang dari 20 persen per yang melayani makanan yang dimakan. Kalium dan fosfor biasanya tidak terdaftar, tetapi jika mereka ingin,  sebaiknya konsumsi kurang dari 20 persen dari nilai harian per yang melayani makanan yang dimakan. Untuk protein dan cairan, tidak ada jumlah persen yang anda harus konsumsi. Seorang dokter atau ahli gizi dapat membuat rekomendasi spesifik untuk protein dan asupan cairan.

Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Makanan yang tepat untuk gagal ginjal termasuk buah-buahan dan sayuran yang rendah kalium . Buah rendah kalium termasuk apel, pir, peach, nanas, stroberi, anggur, blueberry, blackberry, raspberry, aprikot, jeruk mandarin, plum, lemon, limau dan cranberry. Sayuran rendah kalium termasuk kacang hijau, kubis mentah,  kembang kol yang di dimasak, seledri, jagung, selada dan romaine, bayam mentah, dimasak paprika manis, brokoli mentah, labu yang dimasak dan bawang.

2. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung beberapa natrium, kalium dan fosfor. Ketika memilih biji-bijian , pilih yang rendah natrium , kalium dan fosfor biji-bijian seperti bagel, roti putih atau gandum, oatmeal, popcorn, pasta, nasi putih atau coklat, muffin Inggris, dan nasi atau berbasis jagung, sereal. Biji-bijian lainnya yang lebih tinggi di sodium, kalium, dan fosfor dapat dimakan dalam porsi yang lebih kecil. Meminta dokter atau ahli gizi juga dapat membantu memperjelas makanan mana yang sesuai.

3. Susu, kacang dan Kacang

Banyak produk susu, dan kacang-kacangan yang mengandung sejumlah kalium dan fosfor yang tinggi. Natrium juga dapat ditambahkan ke makanan ini sebagai bagian dari pengolahan atau bumbu. Namun, porsi yang lebih kecil  dan makan makanan ini kurang sering sesuai untuk orang dengan gagal ginjal. Beberapa pengganti susu, makanan susu yang sesuai dalam diet ginjal mozzarella dan keju Parmesan, beras atau susu almond, beberapa merek Yunani seperti yogurt dan keju cottage. Kacang-kacangan yang rendah kalium dan fosfor dalam jumlah kecil dan termasuk kacang macadamia, mentega biji bunga matahari, almond, pecan dan buncis.

4. Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan berprotein hanya terbatas dalam gagal ginjal ketika orang itu tidak dialisis. Sekitar 50 persen dari asupan protein harus dari makanan protein lengkap, seperti daging, ikan, unggas, telur, produk susu, tofu, dan produk kedelai.

5. Minuman Rekomendasi

Minuman mungkin perlu dibatasi; air dan minuman lainnya masih memainkan peran penting dalam diet yang ramah ginjal, namun. Apel, anggur dan jus cranberry adalah pilihan yang baik. Minuman lain seperti herbal dan es teh, kopi dan soda yang jelas semua diterima untuk orang gagal ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *