Jenis Buah dan Sayur yang Baik Bagi Penderita Wasir

jenis buah dan sayur yang baik bagi penderita wasir

Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Wasir yaitu suatu kondisi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada daerah anus dan rektum dan terkadang disertai dengan perdarahan .

Selain dengan menggunakan obat wasir, ada beberapa jenis makanan yang sangat cocok dan dapat membantu meringankan penyakit wasir yang dialami. Salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk penderita wasir diantaranya yaitu buah dan sayur. Dan berikut ini beberapa jenis buah dan sayur yang baik bagi penderita wasir :

jenis buah dan sayur yang baik bagi penderita wasir

Buah-buahan

Buah merupakan sumber serat dan sumber mineral serta vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Konsumsi buah-buahan segar sangatlah dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna, termasuk sangat baik bagi penderita wasir. Kandungan serat yang tinggi didalam buah-buahan segar dapat membantu melancarkan pencernaan. Sistem pencernaan yang menjadi lebih baik akan menghindari terjadinya sembelit yang merupakan penyebab dari timbulnya wasir.

Tidak hanya itu, berbagai jenis vitamin dan mineral yang terdapat pada buah juga dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin C dan antioksidan. Dan berikut ini beberapa jenis buah yang memiliki kandungan serat tnggi dan baik bagi penderita wasir :

  • Apel, didalam 1 buah apel utuh terkandung 4.4 gram serat.
  • Pisang, 100 gr buah pisang mengandung sebanyak 0.6 gram serat.
  • Pepaya, mengandung 1.3 gram serat per 100 gr daging buahnya
  • Jambu biji merah, 100 gr jambu biji merah mengandung 7.3 gr serat.
  • Alpukat, 1 buah alpukat utuh mengandung 10 gr serat.
  • Buah berry, 10 gr serat terkandung dalam 1 cangkir buah berry.
  • Kiwi, buah kecil ini memiliki kandungan 3 gr serat dalam setiap 100 gr daging buahnya.
  • Tomat, didalamnya terdapat kandungan serat sebanyak 1.6 gr per 100 gr daging buahnya.
  • Mangga, mengandung 1.6 gr serat didalam 100 gr daging buahnya
  • Nanas, memiliki 1 gr serat dalam per 100 gram daging buahnya.

Sayur-sayuran

Tidak berbeda dengan buah-buahan, sayur-sayuran juga memiliki kandungan zat yang sangat banyak dan baik untuk ubuh, termasuk kandungan vitamin, mineral, dan serat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Serat yang banyak terkandung didalam sayur-sayuran tersbeut sangat membantu dalam melancarkan pencernaan pada penderita ambeien.

Berikut ini beberapa jenis sayur-sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi, diantaranya :

  • Brokoli, sayuran hijau ini ternyata memiliki kandungan serat cukup lebih 0.9 gram per 100 gram brokoli. Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin sebagai makanna rendah kalori.
  • Bayam, manfaat serat pada bayam sebanyak 2.8 gr per 100 gram banyak yang dikonsumsi setiap harinya.
  • Buncis, ternyata sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi. 100 gram buncis dapat menghasilkan 1.2 gram serat.
  • Selada, tubuh dapat merasakan manfaat 0.6 gram serat dari sekitar 100 gram daun selada.
  • Timun Jepang, dalam 100 gr timun jepang terkandung 0.5 gram serat.
  • Seledri, sayuran yang baik untuk penderita darah tinggi ini juga memilki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1.5 gram per 100 gr seledri.
  • Pare, memiliki kadar serat sebanyak 0.8 gram dalam setiap 100 gram pare.
  • Paprika, paprika memiliki kandungan 1.3 gr serat per 100 gram paprika.
  • Wortel, worteld ikenal sebagai makanan peninggi badan alami. Namun, ternyata disamping itu wortel juga memiliki kandungan serat sekitar 4 gram per 100 gram wortel.

Nah, itulah beberapa jenis sayur dan buah sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita wasir. Kini Anda bisa menambahkan beberapa jenis buah dan sayuran segar diatas dalam menu harian Anda. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih secara cukup. Anda bisa mengkombinasi dan memvariasikan menu makanan sehat Anda agar tidak merasabosan denga menu yang hanya itu-tu saja.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Gagal ginjal menciptakan kebutuhan yang berbeda dalam tubuh seseorang dengan ginjal sehat, dan oleh karena itu penderita gagal ginjal memerlukan diet khusus. Meskipun mengikuti diet anda juga harus dapat membatasinya, dengan berfokus pada mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita gagal ginjal, anda dapat menikmati berbagai makanan yang sehat dan lezat. Orang dengan gagal ginjal harus berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan arah individual pada diet mereka. Banyak buku masak dan situs yang menawarkan resep menggunakan makanan yang ramah untuk ginjal. Mungkin anda juga dapat mencoba mengkonsumsi obat gagal ginjal tradisional yang aman dan tidak menyebabkan efek samping.

Rekomendasi diet untuk gagal ginjal terfokus pada lima nutrisi: natrium, kalium, fosfor, protein dan cairan. Label makanan dapat membantu mengidentifikasi beberapa makanan yang tepat. Untuk natrium, carilah makanan yang memiliki nilai harian kurang dari 20 persen per yang melayani makanan yang dimakan. Kalium dan fosfor biasanya tidak terdaftar, tetapi jika mereka ingin,  sebaiknya konsumsi kurang dari 20 persen dari nilai harian per yang melayani makanan yang dimakan. Untuk protein dan cairan, tidak ada jumlah persen yang anda harus konsumsi. Seorang dokter atau ahli gizi dapat membuat rekomendasi spesifik untuk protein dan asupan cairan.

Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Makanan Baik Yang Harus Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Makanan yang tepat untuk gagal ginjal termasuk buah-buahan dan sayuran yang rendah kalium . Buah rendah kalium termasuk apel, pir, peach, nanas, stroberi, anggur, blueberry, blackberry, raspberry, aprikot, jeruk mandarin, plum, lemon, limau dan cranberry. Sayuran rendah kalium termasuk kacang hijau, kubis mentah,  kembang kol yang di dimasak, seledri, jagung, selada dan romaine, bayam mentah, dimasak paprika manis, brokoli mentah, labu yang dimasak dan bawang.

2. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung beberapa natrium, kalium dan fosfor. Ketika memilih biji-bijian , pilih yang rendah natrium , kalium dan fosfor biji-bijian seperti bagel, roti putih atau gandum, oatmeal, popcorn, pasta, nasi putih atau coklat, muffin Inggris, dan nasi atau berbasis jagung, sereal. Biji-bijian lainnya yang lebih tinggi di sodium, kalium, dan fosfor dapat dimakan dalam porsi yang lebih kecil. Meminta dokter atau ahli gizi juga dapat membantu memperjelas makanan mana yang sesuai.

3. Susu, kacang dan Kacang

Banyak produk susu, dan kacang-kacangan yang mengandung sejumlah kalium dan fosfor yang tinggi. Natrium juga dapat ditambahkan ke makanan ini sebagai bagian dari pengolahan atau bumbu. Namun, porsi yang lebih kecil  dan makan makanan ini kurang sering sesuai untuk orang dengan gagal ginjal. Beberapa pengganti susu, makanan susu yang sesuai dalam diet ginjal mozzarella dan keju Parmesan, beras atau susu almond, beberapa merek Yunani seperti yogurt dan keju cottage. Kacang-kacangan yang rendah kalium dan fosfor dalam jumlah kecil dan termasuk kacang macadamia, mentega biji bunga matahari, almond, pecan dan buncis.

4. Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan berprotein hanya terbatas dalam gagal ginjal ketika orang itu tidak dialisis. Sekitar 50 persen dari asupan protein harus dari makanan protein lengkap, seperti daging, ikan, unggas, telur, produk susu, tofu, dan produk kedelai.

5. Minuman Rekomendasi

Minuman mungkin perlu dibatasi; air dan minuman lainnya masih memainkan peran penting dalam diet yang ramah ginjal, namun. Apel, anggur dan jus cranberry adalah pilihan yang baik. Minuman lain seperti herbal dan es teh, kopi dan soda yang jelas semua diterima untuk orang gagal ginjal.

Redakan Nyeri Sendi Dengan 6 Makanan ini

Redakan Nyeri Sendi Dengan 6 Makanan iniMakanan memang sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh, salah satunya pada sendi. Nyeri Sendi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang dan masalah ini akan meningkat dengan bertambahnya usia. Keluhan sendi ini banyak dirasakan pada area lutut, siku, bahu, leher dan pinggul. Mengkonsumsi obat nyeri sendi saja tidak cukup untuk dapat meredakan nyeri, oleh karena itu kami memberikan informasi tentang redakan nyeri sendi dengan 6 makanan ini, berikut daftarnya:

6 Makanan Pereda Nyeri Sendi

1. Jus Jeruk

Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, asupan dengan mengandung vitamin c dapat mencegah seseorang dari degenerasi tulang, hal tersebut merupakan penyebab dari nyer sendi. Sehingga jus jeruk termasuk makanan yang tepat untuk dapat meredakan nyeri sendi.

2. Minyak Zaitun

Terdapat banyak manfaat kesehatan yang bisa di dapatkan dari minyak zaitun dan tidak heran kalau minyak ini sangat populer serta banyak peminatnya. Minyak zaitun ini kaya akan antioksidan, rendah kalori dan lemak, sehingga sangat baik bagi yang memiliki kolesterol tinggi, jantung, dan tulang. Selain itu juga ternyata minyak zaitun mampu meredakan peradangan dan nyeri sendi serta membuat berat badan ideal. Tunggu apa lagi  ? Gunakan Minyak zaitun untuk memasak.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, seperti kacang almond dan kenari itu semua merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 dan terdapat antioksidan sehingga dapat mengurangi peradangan dan membantu meredakan nyeri sendi. Kacang merupakan makanan sehat dibanding dengan mengonsumsi junk food.

4. Sayuran

Ketidakseimbangan omega-3 asam lemak juga dapat menyebabkan nyeri sendi, oleh karena itu sayuran sangat wajib untuk dikonsumsi, sebab sayuran dapat membantu menyeimbangkan asupana asam lemak omega-3. Sayuran tersebut diantaranya bayam, brokolo, bawang, jahe. Hindari juga kandungan karbohidrat yang tinggi seperti yang terdapat pada roti, pasta, makanan panggang, dan makanan goreng. Makanan tersebut dapat meningkatkan resiko nyeri sendi.

5. Makanan Jenis Berry

Stroberi dan bluberry adalah makanan yang paling tepat dan efektif untuk membantu meredakan nyeri sendi. Menurut Journal of America College of Nutrition, stroberi dan buah lain dapat mengurangi C-reaktif protein (CRP) yang menyebabkan peradangan serta nyeri sendi. Selain itu makanan jenis berry ini mengandung antioksidan terumata bioflavonoid yang dikenal sebagai quercetin dan anthicyanidins yang dapat mengurangi serta meredakan nyeri sendi dalam bagian yang besar.

6. Ikan Salmon

Konsumsi ikan salmon merupakan hal yang sangat baik untuk tubuh. Karena ikan salmon adalah sumber yang kaya akan omega-3 asam lemak. Selain itu juga ikan salmon termasuk dalam diet untuk menyembuhkan nyeri sendi, karena kandungannya dapat mengurangi peradangan yang merupakan faktor penyebab umum nyeri sendi.

Itulah 6 makanan yang dapat membantu redakan nyeri sendi secara alami dan jangan lupa cukupi asupan minum harian anda, karena dehidrasi dapat memicu nyeri sendi. Selain itu juga untuk dapat menjaga tubuh dari berbagai keluhan pada sendi sangat dianjurkan untuk setidaknya seminggu satu kali berolah raga, agar badan tetap fit dan bugar serta menghindari nyeri sendi. Anda bisa membiasakan berjalan kaki atau jogging secara rutin dan teratur. Serta ada yang paling penting yakni mengontrol berat badan, hindari berat badan gemuk, karena salah satu alasan dibalik nyeri sendi lutut.

Manfaat Telur dan Hubungannya Dengan Kolesterol

Wovelines.com | Manfaat Telur dan Hubungannya Dengan Kolesterol,- Telur mempunyai banyak sekali kandungan diantaranya yaitu nutrisi dan protein yang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh.

Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak ingin mengkonsumsi telur dengan alasan bahwa telur dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dalam 1 telur terdapat kandungan 180 miligram kolesterol.

Namun perlu diketahui oleh semuanya bahwa kolesterol itu terbagi 2 jenis yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik, begitu pula jenis kolesterol yang terdapat pada telur.

Tubuh kita ini sejatinya sangat membutuhkan sejumlah kolesterol baik supaya tetap sehat. Fungsi dari kolesterol baik yaitu untuk memproduksi hormon kortisol, hormon esterogen, dan hormon testosteron.

Bahkan tubuh kita juga memproduksi kolesterol yang bahannya didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Sehingga kolesterol itu bukanlah racun yang harus dihindari sejauh-jauhnya, karena untuk hidup sehat pun tubuh kita sangat membutuhkan sejumlah bahan tersebut.

Selain kolesterol kandungan zat bermanfaat dalam 1 telur yaitu antioksidan yang diberi nama zeaxanthin dan lutein yang terdapat pada bagian kuning telur. Manfaatnya yaitu untuk kesehatan mata dan menghindarkan kita dari penyakit mata katarak.

Bukan itu saja, ada 11 macam asam amino yang berfungsi ntuk menjaga ketahanan tubuh, menjauhkan diri anda dari stres yang diakibatkan karena kurang nutrisi, menyehatkan otak, dan membuat anda lebih mudah fokus.

Ada banyak sekali manfaat telur yang bisa diperoleh, dibandingkan dengan ketakutan terhadap kolesterol. Janganlah buang telur dari piring anda.