Sesak Nafas Karena Penyakit Jantung

Sesak Nafas Karena Penyakit Jantung

Sesak nafas karena penyakit jantung merupakan keluhan yang paling sering terjadi pada seseorang yang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya. Terjadinya gangguan pada fungsi pompa jantung ke paru-paru menjadi penyebab utama sesak nafas. Hal ini lantaran ketika darah menumpuk pada paru-paru, tekanan pembuluh dalam paru akan meningkat sehingga terjadilah sesak nafas.

Biasanya keluhan ini terjadi ketika kita tengah melakukan berbagai aktivitas berat, seperti naik turun tangga, berlari dll. Keadaan ini biasanya akan segera membaik apabila mendapat istirahat yang cukup.

Keadaan sesak ini juga bisa saja semakin parah apabila penangannya tidak tepat, seperti di istirahatkan dalam keadaan tidur telentang. Harusnya penderita sesak nafas ini ditidurkan dengan banyak tumpukan bantal pada posisi kepala, atau bahkan akan semakin cepat membaik apabila ditidurkan dengan posisi setengah duduk.

Obat sesak nafas karena penyakit jantung yang harus diberikan adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi beban jantung, seperti misalnya obat dengan golongan diuretik.

Perlu anda ketahui, tidak semua keluhan sesak nafas berasal dari penyakit jantung. Sesak nafas juga bisa terjadi karena penyakit asma, paru-paru, maag dll. Maka sebelum memilih obat dan penanganan untuk sesak nafas, sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis dalam untuk mengetahui penyebab sesak nafas anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *